Wednesday, February 3, 2016

Faktor dan Penyebab Telinga Bisa Tuli

Baca Juga

Faktor dan Penyebab Telinga Bisa Tuli

Faktor dan Penyebab Telinga Bisa Tuli ~ Telinga tentu berperan penting bagi tubuh kita, karena telinga berperan sebagai pendengar, dan fungsi dengarnya dikirim ke otak kita, maka otak berkerja sebagai memikir dan badan untuk bergerak. Karena itulah tentu telinga sangat penting dan yang pasti harus Anda jaga agar tidak tuli.

Sebenarnya ada beberapa jenis penyakit telinga dapat menyebabkan tuli sebagian, namun ada juga penyakit telinga yang mengakibatkan ketulian total. Pada beberapa kejadian, ketulian ini akan mengakibatkan adanya gangguan keseimbangan dalam tubuh kita.

Satu dari beberapa penyebab penyakit tuli yang sering kita abaikan adalah membersihkan telinga secara teratur. Malas membersihkan telinga bisa berakibat fatal, jadi ada baiknya simak baik-baik cara merawat telinga dibawah ini.

Ketika kita tidak membersihkan telinga, maka kotoran telinga akan menumpuk dan bisa menyumbat saluran telinga. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan gatal-gatal, nyeri serta penyakit tuli yang bersifat sementara.

Meski bersifat sementara, tapi penyumbatan telinga karena menumpuknya kotoran telinga ini bisa berakibat pada ketulian total jika tidak ditangani dan dibersihkan dengan benar.

Sebab, jika kotoran telinga yang menumpuk telah mengeras dan menyumbat saluran telinga, dokter akan mengambil tindakan untuk membuang serumen dengan cara menyemburnya secara perlahan menggunakan air hangat.

Namun, jika dari telinga keluar nanah, terjadi perforasi gendang telinga, atau terdapat infeksi telinga yang berulang, maka irigasi tidak akan dilakukan. Dalam keadaan ini, dokter akan membuang kotoran telinga dengan menggunakan alat yang tumpul atau dengan alat penghisap.

Dari keterangan ini, tentu mulai sekarang kita harus rajin-rajin membersihkan telinga sebelum kotoran dalam telinga menumpuk ya. Jadi tunggu apalagi?