Tuesday, November 15, 2016

4 Manfaat Menulis Ditinjau dari Sudut Pandang Dunia Kesehatan

Baca Juga

Manfaat Menulis - Ada banyak anggapan terkait aktivitas menulis. Bagi penulis pemula, mungkin aktivitas menulis itu sebuah hal yang membuat pusing.
gambar

Nah, hal ini justru berbeda bagi para penulis senior. Tak jarang di antara mereka yang beranggapan bahwa aktivitas menulis adalah aktivitas yang mengasyikkan. Aktivitas yang membuat lupa segalanya, makan, tidur dan lain sebagainya.

Bahkan, tak sedikit di antara para penulis yang sudah rutin merasa ada yang kurang hidupnya hanya karena hari itu pula melakukan aktivitas menulis.

Lebih dari itu, tak jarang pula para penulis atau seseorang yang membuka jasa penulis artikel telah menjadikan aktivitas menulis sebagai kekasihnya bila sehari saja tak menulis badan menjadi lemah dan mudah sakit. Wah-wah… sampai sebegitunya.

Manfaat Menulis

Baiklah, pengantar di atas memberikan jalan untuk menjelaskan apa saja sih manfaat menulis dari kacamata dunia kesehatan? Yuk mari kita simak!

     1.       Menulis Menjernihkan Pikiran

Manfaat menulis dari kacamata kesehatan yang pertama adalah menulis mampu menjernihkan pikiran. Mengapa demikian?

Ya, sebab menulis sama saja menumpahkan apa yang sedang ada dipikiran sehingga otak menjadi segar kembali. So, apabila Anda sedang banyak job atau pekerjaan, cobalah Anda list daftar-daftar pekerjaan Anda, buatlah target dan keterangan-keterangan lainnya yang lebih jelas.

Lihat hasilnya, rasa pusing dan beban berat pikiran Anda pasti akan berkurang karena Anda menuliskannya.

Korelasi manfaat dari sudut pandang kesehatan tentu saja tidak akan mudah stress dan mempunyai penyakit pikiran.

     2.       Menulis menjadikan Diri Intelektual


Manfaat menulis yang kedua adalah menulis menjadikan diri intelektual. Ketika Anda menulis, sebenarnya Anda sedang menuliskan masalah Anda.

Apapun yang ada di pikiran Anda memang bisa menjadi dua hal yang berbeda; baik masalah maupun anugerah.

Nah, aktivitas menulis bermanfaat untuk menjadikandiri intelektual. Dengan keintelektualannya itu, bila seseorang penulis sedang ada masalah, Ia akan banyak ide untuk mencari solusi.
Konkritnya, menulis membuat Anda kaya wawasan sekaligus kaya solusi.


3.       Menulis Meningkatkan Daya Ingat


Pernahkah Anda lupa? Lupa satu kata apalagi lupa menaruh benda yang kita cintai juga terkadang membuat pusing lho.

Nah, manfaat menulis yang ketiga ini akan memberikan solusinya. Manfaat menulis sebenarnya bukanlah melepaskan ingatan Anda. Justru dengan menulis, Anda sedang memahat sebuah batu yang tak akan mudah hilang. Semakin Anda rajin menulis, semakin kuat pula daya ingat Anda.

Metode ini pun pernah dipraktekkan menjadi sebuah penelitian. Awalnya terdapat beberapa siswa yang sangat susah menghafal teks pidato. Kemudian, sang guru pun memerintahkan muridnya tersebut untuk menuliskannya terlebih dahulu teks pidato sebelum dihafalkan.

Luar biasa! Hasilnya membuktikan dengan aktivitas menulis, daya ingat dan kemampuan bicara bisa meningkat sebanyak 90%.

4.       Menulis Merapikan Sejarah

Manfaat keempat terkait dunia kepenulisan adalah menulis dapat membantu Anda untuk merapikan sejarah kehidupan Anda.

Bila dikaitkan dengan lingkup kesehatan, barangkali Anda bisa menghubungkannya dengan riwayat penyakit Anda. Cobalah setiap aktivitas Anda tulis dalam sebuah diary.

Dengan menulis apapun kegiatan Anda, Anda lama-lama akan menemukan jalan hidup bahwa Anda sebenarnya mempunyai alur hidup. Alur hidup itulah yang nantinya bisa menjadikan Anda lebih dewasa dan tepat untuk menentukan pilihan.

Nah, demikianlah sekelumit manfaat menulis bila dikaji di dalam dunia kesehatan. Selebihnya, Anda bisa mengeksplore sendiri manfaat-manfaat menulis dengan membanyak jam terbang atau praktek. Selamat mencoba!