Wednesday, November 23, 2016

Cara mengobati jerawat secara alami

Baca Juga

jerawatAda beberapa jenis jerawat yang cara mengatasinya juga harus berbeda. Berikut ini adalah jenis jerawat yang sering dialami oleh orang pada umumnya.

1. Jerawat Pasir
Ukuran jenis jerawat ini kecil-kecil dan mirip dengan jerawat biasa namun jumlahnya sangat banyak. Jenis jerawat ini tidak menimbulkan rasa sakit karena meradang, namun karna jumlahnya yang sangat banyak membuat wajah terlihat sangat kasar dan tidak sedap dipandang.

2. Jerawat Batu
Ukuran jerawat jenis ini lebih besar dari jerawat biasa dan bisa menyebabkan peradangan pada wajah sehingga terasa sakit. Jika tidak diatasi, jenis jerawat ini akan meninggalkan bekas berupa cekungan pada kulit wajah.

Ada beberapa cara mengatasi jerawat dengan menggunakan bahan bahan alami.

1. Madu
Madu telah dikenal memiliki banyak kandungan yang berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Selain dapat menghaluskan dan menyehatkan kulit, madu juga terbukti dapat menghilangkan jerawat. Antibiotik dan gizi tinggi yang terkandung di dalam madu berfungsi sebagai pencegah infeksi yang dapat menye abkan peradangan jerawat.
Caranya sangat mudah, hanya dengan mengoleskan madu secara merata pada wajah yang berjerawat. Atau dicampur dengan putih telur dan bisa digunakan sebagai masker wajah.

2. Es Batu
Selain dapat digunakan untuk me,buat minuman dingi, ternyata es batu juga dapat menghilangkan jerawat. Karena selain dapat meningkatkan sirkulasi darah pada area sekitar jerawat, es batu juga dapt mengecilkan pori-pori kulit wajah.
Caranya sangat mudah, hanya dengan mengoleskan es batu yang telah dibungkus dengan kain bersih. Tempelkan pada wajah yang berjerawat selama beberapa menit dan lakukan secara rutin.

3. Tomat
Kandungan vitamin A dan C pada buah tomat terbukti dapat mengencangkan kulit dan mengobati jerawat.
Caranya adalah dengan memotong tipis tomat matang yang berwarna kemerahan. Tempelkan tomat pada wajah yang berjerawat selama 10 sampai 15 menit. Lakukan hal tersebut secara rutin.

4. Lemon
Kandungan alpha dan askorbat-L pada buah lemon dapat mengurangi peradangan pada kulit wajah yang berjerawat. Selain dapat menghilangkan jerawat, buah lemon juga dapat membantu menghilangkan komedo. Buah lemon juga telah terbukti dapat menghilangkan noda atau bintik hitam pada wajah. Selain itu buah lemon dapat membantu  membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat serta memutihkan kulit wajah secara alami.
Caranya adalah potong 1 buah lemon menjadi 2 bagian lalu peras. Oleskan air perasan buah lemon pada wajah berjerawat dan diamkan selama 10-15 menit. Kemudian basuh dengan air lalu keringkan dengan handuk. Lakukan secara rutin sebagai perawatan kulit wajah.

5. Lidah Buaya
Lidah buaya memiliki banyak kandungan zat aktif, zat nesi, vitamin A dan D. Selain terbukti dapat mengatasi rambut rontok, lidah buaya juga dapat membantu menghilangkan jerawat.
Caranya potong lidah buaya menjadi 2 hingga 4 bagian. Kemudian hilangkan durinya lali kupas. Kemudian ambil bagian dagingnya yang berupa gel pada lidah buaya. Lumatkan gel tersebut hingga lembut kemudian oleskan pad area wajah yang berjerawat. Diamkan selama 4-6 menit lalu bilas dengan air bersih, lakukan secara rutin.

6. Bawang Putih
Selain dapat digunakan sebagai obat gigi, bawang putih juga dapat mengobati jerawat secara alami. Kandungan anti bakteri yang berupa senyawa thiacremonon sulfur pada bawang putih terbukti dapat mengatasi jerawat.
Caranya haluskan bawang putih lalu oleskan pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan selama 2 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Dari 6 bahan alami di atas, anda harus memastikan terlebih dahulu bahan alami mana yang cocok untuk jenis kulit anda. Jika saat menggunakan bahan alami diatas kulit wajah terasa gatal, bilas dengan air sesegera mungkin. Atau anda bisa konsultasi terlebih dahulu pada dokter spesialis kulit wajah.

Selain dengan menggunakan bahan-bahan alami di atas, ada cara mudah untuk mencegah munculnya jerawat. Yaitu dengan cara membasuh wajah sesering mungkin dengan air bersih dan segar. Terutama saat anda bepergian atau berada di area yang rawan debu.