Tuesday, January 31, 2017

Kupas Tuntas Masalah Jerawat Membandel

Baca Juga


Jerawat merupakan masalah kulit yang paling banyak dialami masyarakat di dunia. Jerawat ditandai dengan munculnya bintik – bintik pada bagian tubuh tertentu, seperti wajah, leher, dada, dan punggung.  Bintik bintik tersebut biasanya terbentuk dari mulai yang ringan seperti komedo, hingga bintik – bintik dengan berisi nanah bahkan kista yang paling parah. Pada umumnya bintik – bintik tersebut akan meninggalkan bekas luka dikemudian hari. Jerawat sering diartikan sebagai suatu kondisi dimana pori – pori kulit tersumbat yang mengakibatkan kantung nanah meradang. Tak sedikit orang yang berpendapat bahwa kemungkinyan penyebab jerawat tumbuh ini merupakan hasil dari perubahan hormon di dalam tubuh kita yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Biasanya perubahan hormone yang menjadi pemicu timbulnya jerawat ialah masa menstruasi pada remaja wanita, masa kehamilan, pemakaian pil KB, dan stress.

Kupas Tuntas Masalah jerawat membandel
Kupas Tuntas Masalah Jerawat Membandel 


Bagian tubuh yang paling sering dan paling umum ditumbuhi jerawat adalah wajah. Biasanya wajah yang terkena jerawat ditandai dengan munculnya bintik - bintik atau kulit yang memiliki kadar minyak berlebih, terkadang jerawat juga menyebabkan kulit terasa sakit dan panas saat tersentuh. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko atau memicu timbulnya jerawat pada seseorang, diantaranya sebagai berikut :

Perubahan Hormon
Jerawat diperkirakan muncul pada remaja atau orang dewasa dikarenakan oleh perubahan hormon. Diperkirakan sebanyak 80% dari orang yang mengalami pertumbuhan jerawat pada anggota tubuhnya didominasi oleh wanita. Hal ini disebabkan oleh seringnya wanita mengalami perubahan hormon pada masa – masa tertentu seperti ketika mengalami menstruasi dan kehamilan. Jerawat sering kali muncul pada wanita ketika sebelum mentruasi terjadi, sedangkan pada wanita hamil biasanya muncul pada trismester pertama kehamilan atau pada tiga bulan awal kehamilan.

Penggunaan Kosmetik
Tak sedikit kosmetik – kosmetik yang beredar di kalangan masyarakat dengan berbagai jenis dengan brand yang tak kalah banyak. Hal ini membuat para pengguna kosmetik sering berganti ganti kosmetik yang mereka gunakan, padahal belum tentu kosmetik yang direkomendasikan banyak orang tersebut dapat cocok dan nyaman ketika digunakan. Bahkan beberapa orang yang memiliki kulit yang sensitif tentunya tidak boleh sembarangan ketika menggunakan kosmetik, karena belum tentu aman untuk digunakan pada kulit mereka, sebaiknya segera konsultasikan kepada para ahli kecantikan, apakah kosmetik yang kamu kenakan sekarang, benar benar cocok dan aman untuk kulitmu?

 Stres
Faktanya stress tidak secara langsung mengakibatkan jerawat muncul begitu saja. Hanya saja ketika kamu mengalami stress hormon hormon tertentu yang kamu keluarkan ketika kamu dalam keadaan stress yang menjadi pemicu timbulnya jerawat pada anggota tubuhmu. Tak hanya itu, stress juga dapat mengganggu pola makan karena orang yang mengalami  stress cenderung akan mengkonsumsi makanan manis atau makanan berlemak yang dapat memicu timbulnya jerawat. Hal ini biasanya dijadikan sebagai “pelarian” dari stress.

Masa pubertas
Penyebab jerawat yang satu ini biasanya dialami oleh para remaja. Pada masa pubertas ini produksi kelenjar minyak akan meningkat seiring dengan tingginya produksi hormon testoren yang dimunculkan oleh remaja. Dan tak jarang, produksi kelenjar minyak ini melebihi kuantitas yang diperlukan oleh anggota tubuh remaja, hal inilah yang menjadi penyebab timbulnya jerawat pada masa pubertas remaja.

Keturunan
Jerawat juga merupakan penyakit turun -  temurun, jika kamu memiliki orang tua yang memiliki riwayat pernah mengalami masalah dengan jerawat, maka besar kemungkinannya kamu mengalami hal yang sama. Bahkan tingkat keparahannya bisa lebih tinggi terutama ketika sebelum memasuki usia dewasa

 Iritasi oleh benda yang dikenakan
Tak jarang iritasi pada kulit bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat, seperti ketika kita runtin menggunakan tas punggung yang mengakibatkan munculnya jerawat di punggung atau poni yang menutupi dahi yang mengakibatkan munculnya jerawat.

Jenis - jenis jerawat
Jenis - Jenis Jerawat


Tak sedikit orang yang menjabarkan mengenai jenis – jenis jerawat. Seperti komedo dengan bentuk yang kecil kecil atau jerawat yang memiliki ukurang besar. Sebenarnya bentuk jerawat tidak seperti yang sering kita deskripsikan sehari – hari, berikut beberapa jenis - jenis jerawat yang perlu kamu ketahui :

Komedo
Komedo merupakan pori – pori kulit yang tersumbat, bisa tertutup atau terbuka. Komedo yang tertutup (whitehead/komedo putih) merupakan kulit yang tumbuh diatas pori – pori kulit yang tersumbat, hal ini yang mengakibatkan timbulnya tonjolan putih kecil. Komedo terbuka (blackhead/komedo hitam) akan tampak seperti pori – pori kulit yang membesar dan memiliki warna hitam. Jerawat dengan jenis yang satu ini pada umumnya disebabkan oleh sel – sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak berlebihan di kulit.

Jerawat Biasa
Jenis jerawat yang satu ini sangat mudah dikenali, karena semua orang pernah mengalaminya. Jerawat ini berbentuk seperti tonjolan yang memiliki warna pink atau kemerahan. Jerawat biasa umumnya terjadi karena pori – pori kulit tersumbat atau terinfeksi oleh bakteri dengan jenis propionibacterium acne. Biasanya bakteri propionibancterium acne hidup di saluran kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang letaknya tepat berada pada tempat asam lemak yang ada di kantung kelenjar sebaceous yang tersembunyi di dalam pori – pori kulit. Bakteri ini biasa berasal dari sesuatu yang kita pakai sehari hari, seperti kuas make up, jari tangan, telepon, washlap, dan udara yang lembab.

Jerawat batu
Jenis jerawat yang satu ini memiliki ciri -  ciri khas dengan bentuknya yang besar – besar dan sering terjadinya peradangan yang cukup hebat. Biasanya sang penderita memiliki kerabat atau teman yang memiliki masalah yang serupa. Pada umumnya penderita akan memiliki :
  • Kelenjar minyak yang amat berlebihan sehingga dapat membanjiri pori – pori kulit dengan kelenjar minyaknya.
  • Tidak normalnya pertumbuhan sel – sel kulit sehingga kulit tidak dapat beregenerasi secepat kulit normal pada umumnya.
  •  Sensitif terhadap peradangan sehingga akan menimbulkan bekas luka.


Semua orang baik itu pria ataupun wanita dapat dengan mudah terjangkit masalah jerawat. Terutama pada wanita yang memiliki perubahan hormon yang lebih sering. Munculnya jerawat terlebih pada area wajah tentunya akan membuat kita merasa kurang percya diri dengan penampilan kita. Berikut beberapa cara mengobati jerawat.

Cara  Mengobati Jerawat

Ada beragam cara yang ditempuh masyarakat untuk mengatasi jerawat, mulai dari merubah pola hidup dengan rajin menjaga kebersihan muka, menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan – makanan yang sehat, atau bahkan melakukan perawatan khusus ke ahli – ahli kecantikan terpercaya, tak sedikit juga yang mengobatinya dengan cara – cara tradisional menggunakan bahan bahan alami seperti berikut ini :

Madu dan kayu manis
Fungsinya memang tidak sepenuhnya untuk menghilangkan jerawat, namun lebih ke sebagai antibiotic untuk membunuh bakteri penyebab jerawat agar tidak tumbuh semakin parah dan tidak terinfeksi semakin parah.
Cara pengobatan :
  1. Campurkan 1 sendok makan bubuk kayu manis denga 2 sendok makan madu hingga membentuk seperti pasta.
  2. Bersihkan wajah dengan menggunakan air bersih kemudian keringkan dengan handunk yang bersih.
  3. Jadikan ramuan diatas sebagai masker. Oleskan pada seluruh area wajah diamkan sekitar 10 hingga 15 menit, setelah itu cuci kembali wajah dengan menggunakan air bersih


Putih Telur
Kandungan vitamin dan protein yang terkandung dalam putih telur sangat baik digunakan sebagai salah satu  cara mengatasi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat berupa flek atau noda hitam pada kulit.
Cara pengobatan :
  •  Cuci muka terlebih dahulu menggunakan air biasa atau air dingin.
  • Siapkan 1 buah telur.
  • Pisahkan kuning telur dengan putih telur, kocok putih telur hingga berbusa.
  • Oleskan putih telur yang sudah berbusa pada waja secara berulang setiap mengering
  •  Diamkan selama 20 hingga 25 menit. Bilas muka dengan menggunakan air hangat


Lidah Buaya
Tak hanya dapat mengatasi permasalahan pada rambut saja, ternyata lidah buaya juga amat bermanfaat dalam mengatasi jerawat membandel yang timbul dalam anggota tubuh kita. Sifat antibakteri yang dimiliki oleh lidah buaya dapat menenangkan dan dapat digunakan sebagai anti inflamasi.
Cara pengobatan :
  • Bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan air bersih kemudian keringkan dengan handuk yang bersih.
  • Ambil gel lidah buaya dengan cara mengupasnya, usahakan untuk membersihkan seluruh getahnya agar tidak menimbulkan efek gatal pada kulit.
  • Oleskan gel lidah buaya pada area wajah yang dihinggapi jerawat membandel
  • Biarkan hingga kurang lebih 20 menit. Bersihkan kembali wajah dengan air hangat.
Daun Mint
Kandungan menthol yang terdapat dalam daun mint dapat berfungsi sebagai anti inflamasi dan penghilang rasa sakit pada jerawat. Daun mint ini memang tidak secara langsung dapat menyembuhkan jerawat, namun bisa membantung menghilangkan efek peradangan jerawat seperti mengtasi kemerahan pada wajah dan meredakan pembengkakan yang diakibatkan oleh jerawat.
Cara pengobatan :
  • Siapkan daun mint yang sudah dicuci bersih dengan air mengalir.
  • Hancurkan daun mint yang sudah dipersiapkan tadi kamu dapat menghancurkannya dengan cara menumbuknya hingga halus atau menghancurkannya dengan blender.
  • Jangan lupa untuk mencuci wajah dengan bersih sebelum menggunakannya.
  • Oleskan pada seluruh area wajah dan diamkan selama 10 hingga 15 menit. Bersihkan dengan air dingin atau air biasa hingga benar – benar bersih. Lakukan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
Mandi Uap
Tak hanya dapat merelaksasikan tubuh, melakukan mandi uap juga dapat membantu mengobati jerawat. Cara mengatasi jerawat yang satu ini dapat kita lakukan dengan mengunjungi tempat – tempat gym, atau kamu dapat melakukannya sendiri di rumah dengan bahan bahan tradisional berikut
Cara pengobatan :
  • Siapkan air panas yang baru saja di didihkan kedalam wadah atau mangkuk yang besar.
  • Biarka sesaat hingga suhu air tidak terlalu panas.
  • Posisikan wajahmu diatas mangkuk tersebut dengan menaruh handuk diatas kepala.
  • Biarka uap panas tadi membasahi wajah sehitar 10 hingga 15 menit kemudian bersihkan air yang ada dalam wajah hingga kering. Lakukan secara rutin, maka akan menyembukan jerawat secara perlahan.
Scrub Gula
Sudah lama gula putih dipercaya sebagai pengangkat sel – sel kulit berlebih yang menyumbat pori – pori. Hal ini dapat membasmi jerawat dengan ampuh.
Bahan ;
  • Gula putih
  • Gula merah
  • Minyak zaitun
  • Garam laut kasar
  • Kacang vanili
  • Ekstrak vanili murni

Cara pengobatan :
  • Campurkan 1 ½ cangkir gula putih, 1 ½ cangkir gula merah, dan 2 sendok makan garam laut kasar hingga merata.
  • Tambahkan kacang vanili yang sudah dikupas dan 10 sendok makan ekstrak vanili murni. Campurkan semua bahan hingga benar benar tercampur secara merata.
  • Tambahkan minyak zaitun dan diamkan beberapa saat.
  • Gunakan scrub ini pada wajah dan diamkan selama 15 hingga 20 menit.
Baking soda
Manfaat baking soda yang dapat menetralkan keasaman kulit membuat bakteri penyebab jerawat tidak mampu hidup berlama – lama di wajah kita. Tidak hanya difungsikan untuk membunuh bakteri, namun baking soda juga dapat digunakan untuk membersihkan pori – pori yang tersumbat, mengikis sel – sel kulit mati serta menyerap minyak berlebih pada kulit.
Cara pengobatan :
  • Campurkan 1 sendok makan air bersih dengan 2 sendok makan baking soda hingga membentuk pasta.
  • Oleskan pada area wajah yang berjerawat.
  • Biarkan mengering pada wajah selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan.

Perlu diingat, sebelum kamu menggunakan baking soda untuk mengobati jerawat. Lakukan pengecekan reaksi baking soda pada kulitmu. Karena beberapa jenis kulit tidak bisa menggunakan pasta baking soda ini. Coba uji dengan mengoleskan sedikit pasta pada area wajah, jika tidak menimbulkan kemerahan, kamu bisa melanjutkan untuk mengoleskannya pada area berjerawat.

Papaya
Enzim papain yang terkandung dalam papaya dapat berfungsi sebagai pengikis sel – sel kulit mati, dan vitamin serta antioksidan yang dapat bermanfaat untuk mencerahkan kulit kemerahan yang ditimbulkan oleh jerawat.
Cara pengobatan :
  • Haluskan papaya hingga menjadi bubur
  • Tambahkan satu sendok makan lemon atau madu.
  • Cuci muka hingga bersih dan keringkan.
  • Oleskan campuran tadi pada wajah berjerawat dan biarkan selama 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat


Hubungan Jerawat Dengan Masalah Kesehatan Tubuh
Hubungan Jerawat Dengan Masalah Kesehatan Tubuh
Hubungan Jerawat Dengan Masalah Kesehatan Tubuh

Hal ini berdasarkan cara pengobatan tradisional china, keberadaan jerawat pada tubuh kita dapat menandakan adanya masalah kesehatan yang terjadi pada anggota tubuh lain. Untuk lebih jelasnya mari kita simak langsung hubungannya berikut ini :

  • Dahi : jerawat yang muncul pada area dahi menandakan masalah kesehatan pada usus kecil dan kandung kemih. Hal ini berarti ada ketidakseimbangan pada area tersebut. Biasanya jerawat yang muncul di dahi disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi sulit dicerna oleh tubuh. Tak hanya itu, jerawat di dahi juga dapat disebabkan oleh asupan makanan yang kita makan bermasalah seperti terlalu banyak mengkonsumsi gula, minuman beralkohol, terlalu banyak begadang dan stress. Biasanya cara untuk mengatasinya dengan meminum banyak air, menghindari makanan yang berlemak, tidur yang cukup, kurang konsumsi minuman atau makanan yang mengandung banyak gula.
  • Di bawah mata : hal ini biasanya disebabkan oleh adanya masalah pada organ ginjal. Kemungkinan besar disebabkan oleh kebiasaan buruk merokok, tidak rajin menjaga kebersihan wajah, atau bahkan lemah jantung.
  • Hidung : memiliki jerawat pada sekitar area hidung menunjukan penderita memiliki masalah kesehatan dengan jantung. Biasanya penyebab jerawat muncul pada hidung karena kamar yang lembab, masalah pencernaa, pencemaran udara, pola makan tidak sehat.
  • Dagu atau pipi : jerawat yang muncul pada area wajah sekitar dagu atau pipi biasanya menunjukan bahwa penderita memiliki masalah kesehatan pada paru – paru. Penyebab jerawat ini biasanya karena polusi udara, tubuh yang kurang gerak, kebiasaan buruk merokok.